4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lag

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lag - Jika anda sudah mengenal lama sosial media, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu media sosial yang bernama Instagram. Instagram sangat digemari baik oleh kalangan anak mudah hingga dewasa sekalipun, hampir setiap orang apalagi publik figur biasanya memiliki akun instagram.

Selain itu sebagian orang biasanya memanfaatkan kepopuleran Instagram dengan menjual produk/barang secara online, hal ini tentunya sangat menguntukan terlebih lagi anda bisa mempromosikannya secara gratis, tidak perlu menyewa kios atau tempat karena dengan akun instragam anda dapat menjangkau lebih luas se indonesia bahkan sedunia.


Instagram memang pantas menjadi media sosial terbaik dibanding lainnya karena memiliki beragam fitur yang menarik dan memanjakan penggunannya seperti fitur slide, snapgram, sticker, nametag dan masih banyak lainnya. Tetapi kebanyakan yang memakai instagram dari kalangan publik figure seperti artist, atlet, musisi, pembisnis dan juga selebgram (selebriti instagram).

Berbicara mengenai Instagram tidak lengkap hanya membahas tentang keunggulannya saja, nah disini saya juga akan membahas mengenai kekurangan dari aplikasi ini. Salah satu yang menjadi masalah terbesar untuk penggunanya yaitu kenapa instagram sering lag atau lemot? Kalo saya telusuri kemungkinan ada 2 penyebabnya, pertama koneksi internet anda sedang tidak stabil dan yang kedua spesifikasi smartphone anda pas-pasasn apalagi anda memasang banyak aplikasi lainnya yang menyebabkan memakan banyak ram sehingga ketika membuka aplikasi instagam akan lag.


Saat instagram menjadi lag kemudian aplikasinya akan menutup sendiri atau force close, dimana aplikasi tersebut berhenti seketika karena kinerja ram yang melebihi batas dari spesifikasi handphonennya. Ketika anda memaksakannya, ponsel anda akan cepat panas dan ada notifikasi popup pada layar "Instagram Tidak Menanggapi, Ingin Menutup Aplikasi Ini?" maka mau tidak mau anda harus menutup aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lag


Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lag

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips untuk anda cara memperbaiki aplikasi instagram yang lag, sebelum melanjutkannya pastikan terlebih dahulu koneksi internet anda sedang lemot atau stabil. Jika stabil berarti karena masalah lain, untuk langkah demi langkanya silahkan simak cara mengatasi instagram lemot sebagai berikut.

1. Jangan Membuka Menu Pencarian Instagram

Pada menu pencarian akan ada pemuatan gambar dengan kualitas terbaik dan pemutaran video secara otomatis, dengan membuka pencarian di Instagram akan berakibat ponsel anda cepat panas dan lag. Maka dari itu saya sarankan tidak membuka menu search box untuk menghindari terjadinya lemot pada aplikasi jika dirasa tidak terlalu penting.

2. Jangan Kebanyakan Scroll Timeline

Dengan melalukan menggulirkan timeline dengan perlahan pastinya dapat membuat lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan, karena anda bisa memberikan like atau berkomentar pada postingan orang lain yang anda follow. Selain itu dapat juga untuk melihat video orang lain atau idola anda sendiri. Memang cukup menyenangkan namun hal tersebut bisa menyebabkan penyimpanan cache menumpuk yang mengakibatkan hp cepat panas dan terjadi force close pada aplikasi.

3. Hapus Cache

Jika anda sering menggunakan instagram setiap harinya maka tidak mungkin penumpukan file cache akan terjadi, memang benar dengan adanya cache menjalankan aplikasi apapun akan lebih cepat dan ringan namun jika terlalu banyak bisa menghabiskan penyimapan internal ponsel anda. Maka dari itu silahkan lakukan penghapusan secara berkala.

Saya sarankan satu atau dua minggu sekali untuk menghapus penyimpanan sementara atau cache dengan begitu ketika ketika menjalankan aplikasi instagram akan terasa lebih segar seperti saat pertama kali memasangnya.

4. Perbaharui Aplikasi

Kemungkinan penyebab instagram lemot karena anda belum memperbaharui aplikasi ke versi terbaru, pada versi terbaru, pihak instagram memperbaiki masalah bugs pada aplikasi serta penambahan fitur lainnya. Untuk itu silahkan update aplikasinya di Google Play Store supaya anda bisa beraktifitas dengan normal kembali tanpa gangguan.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan ini tentang cara memperbaiki aplikasi instagram yang lemot atau lag, jika cara atas masih gagal bisa ditanyakan melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url