Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen dan Besar

Cara Budidaya Ikan Air Tawar - Banyak jenik ikan yang hidup di air tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat seperti Ikan Nila, Gurame, Mas, Lele, Patin dan masih banyak lainnnya. Seperti yang kita ketahui dipasar sendiri sering kali para pedagang menjual ikannya dengan jumlah yang tidak sebanyak pengelola ikan.

Selain itu ikan air tawar juga mudah didapatkan dan memiliki harga yang relatif terjangkau, dengan begitu, banyak sekali orang yang memanfaatkan untuk peluang bisnis yang menguntungkan karena pengelolaan pun tidaklah sesulit yang dibayangkan. Beberapa jenis ikan yang sering dijumpai dipasar antara lain seperti Ikan Nila, Lele, Gurame, Mas hingga Mujair.

Yang perlu anda ketahui juga, meskipun ikan air tawar dengan harga murah namun tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan anda. Terdapat kandungan nutrisi dan mineral juga ada dalam beberapa ikan tawar tersebut.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen


Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Banyak sekali kalangan masyarakat yang menyukai beberapa jenis ikan tawar dengan kandungan nutrisi didalamnya, selain itu beberapa orang juga melakukan beragam cara memasak ataupun ada dengan cara dibakar.

Pada postingan kali ini saya akan pandu anda tentang cara bisnis ikan air tawar yang cepat besar dengan kualitas yang sangat baik, selain itu jika mengikuti tips dibawah ini ikan tersebut bisa panen dengan cepat. Untuk informasinya silahkan simak dibawah ini sebagai berkut.

1. Lokasi Yang Strategis

Hal terpenting ketika anda ingin mengelola ikan agar cepat panen yaitu pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi strategis ini tentunya akan menguntungkan untuk anda supaya ikan yang anda budidaya cepat besar dan tidak terjadi penghambatan ukuran ikan. Beberapa orang ada yang salah dalam menjalankan bisnis ikan tawar karena lokasi yang tidak cocok yang berakibatkan ikan mati atau pertumbuhan ikan sangat lama.

Untuk memilih kolam yang cocok, anda harus tahu karakteristik dari ikan air tawar terlebih dahulu, hal ini akan mempengaruhi terhadap ikan, jika dilakukan dengan tepat makan ikan anda akan dipanen secara cepat. Berikut ini hal-hal yang harus perhatikan, diantara nya;
  • Usahakan lokasi perternakan ikan jauh dari keramaian, karena dengan suasana yang tenang dan sunyi, ikan tidak mudah stres dan penumbuhan ikan akan lebih cepat.
  • Untuk Menjaga kesehatan pada ikan dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam dagingnya maka tentunya anda harus memilih lingkungan yang bersih dari limbah.
  • Jika memilih lahan dibagian belakang rumah, pastikan bersihkan terlebih dahulu kotoran atau rumput yang tumbuh.
  • Pilihlah lokasi yang sedikit teduh yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari agar bisa merangsang hormon pertumbuhan ikan sehingga lebih segera dipanen.

2. Media Budidaya

Banyak sekali media budidaya pada ikan air tawar seperti aquarium, kolam tanah, kolam semen, kolam terpal dan sebagainya, namun jika ingin yang paling mudah dan sederhana bisa menggunakan terpal sebagai media pemeliharaan ikan anda. Jika anda ingin ikan lebih cepat dipanen ikuti panduannya sebagai berikut.

  • Lakukan pada sore hari agar sinar matahari sedikit berkurang, dengan pencahayaan matahari maka hormon pertumbuhan pada ikan akan terangsang yang membuat ikan lebih cepat membesar.
  • Siapkan terpal dengan warna gelap dan yang memiliki celah atau serat, dimana udara akan lebih mudah masuk.
  • Gunakan kain atau terpal tersebut untuk menutupi media budidaya supaya cahaya tidak masuk sehingga kondisi di kolam menjadi gelap.
  • Dalam beberapa waktu bulan saja anda bisa memulai memanen ikan hasil kelolaan anda.

3. Bibit Ikan

Tahap selanjutnya yaitu menyiapkan bibit ikan air tawar, anda harus memilih jenis ikan yang akan dipelihara, untuk pemula pastikan pilih jenis ikan yang mudah dalam proses pemeliharaan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Lalu bagaimana cara memilih benih bibit ikan air tawar yang baik? Adapun ciri benih ikan baik dan berkualitas, dianatarnya sebagai berikut;
  • Pilihlah pembenih terpercaya dan sudah memiliki nama, karena penyedia tersebut akan mengutamakan kualitas benih ikan terlebih dahulu. Jika anda tidak tahu bisa mencari referensinya kepada teman, kerabat atau di internet.
  • Benih yang akan dibudidayakan harus yang sehat dan tidak cacat, baik itu cacat karena turunan atau karena terserang penyakit atau luka. Kriteria benih yang baik biasanya akan aktif bergerak dan akan merespon ketika diberi rangsangan. Rangsangan tersebut dapat dilakukan dengan memberi pakan, jika langsung disantap dipastikan itu bibit ikan yang berkualitas.
  • Usahakan ukuran benih berukuran sama, karena jika tidak seimbang dikuatirkan yang kecil hanya mendapatkan porsi yang kecil.
  • Ukuran ikan air tawar yang ideal bisa kita lihat setelah memiliki panjang sekiar 7cm sampai 9cm.

4. Proses Pemeliharaan

Tahap ini  harus anda lebih perhatikan, anda tidak boleh menganggap enteng karena pertumbuhan serta kelangsungan hidup ikan tergantung pada proses pemeliharaan anda. Jika ikan anda yang dikelola ingin cepat membesar ikuti tips sebagai berikut.
  • Pemberian pakan bisa dilakukan cukup 2 kali dalam sehari pada waktu pagi dan sore, selain itu pastikan menyebar pada 3 bagian pada sisi kanan, tengah dan sisi kiri. Sebar pelet pada sisi kanan terlebih dahulu secukupnya, setelah habis lalu sebar ke tengah hingga ke sisi kiri.
  • Lakukan proses tersebut hingga ikan kenyang bisa dilihat beberapa butir pakan yang masih tersisa.
  • Metode ini juga dapat membantu petumbuhan pada ikan karena saat pemberian pakannya agar ikan lebih aktif bergerak.
  • Pastikan membeli pelet ikan yang mengandung karbohidrat, kalori, lemak, mineral, vitamin, dan juga protein karena baik untuk kesehatan pada ikan.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini mengenai cara budidaya ikan air tawar cepat besar, dengan melakukan proses pemeliharaan yang tepat dan benar maka anda akan memperoleh hasil panen yang melimpah dengan waktu yang cepat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url