4 Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang - Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang sangat populer hingga saat ini, tak dapat dipungkiri hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi tersebut. Dengan adanya WA menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan waktu yang sangat cocok untuk keperluan pribadi, beda lagi dengan sosial media yang dimana semua orang bisa menemukan akun anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti

Menariknya dalam aplikasi WA akan secara otomatis terhubung dengan kontak ponsel yang ada karena memang pendaftaran akun menggunakan nomor ponsel yang aktif dan jika ada orang yang meminta akun whatsapp anda yang berarti anda memberikan nomor wa yang sudah dibuat.

Namun terkadang ketika ingin menambahkan nomor, kontak tersebut hilang dan tidak terdeteksi, beberapa penyebab kontak wa hilang karena mungkin tidak sengaja dihapus, mengganti smartphone dan sebagainya. Jika anda mengalami masalah seperti ini, tenang saja karena saya akan membahas secara rinci dibawah.

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang


cara mengembalikan kontak whatsapp yang hilang

Pada postingan ini saya akan pandu anda tentang cara memunculkan kembali nama kontak whatsapp yang hilang, untuk itu simak informasinya sebagai berikut dibawah ini.

1. Sinkronisasikan Kontak

Pertama sebelum menyetel ulang sinkronisasi, izinkan terlebih dahulu aplikasi agar akses WA bisa berjalan dengan baik, masuk ke Setelan, lalu klik menu Apps pilih Whatsapp dan tap tulisan Izin. Setelah itu pastikan semuanya sudah diberikan izin pada aplikasi ini.

Jika sudah kita lanjut untuk setel ulang sinkronisasi kontak dengan masuk ke pengaturan ponsel. Klik Akun dan pilih Whatsapp, akan muncul layar baru klik kembali tulisan Whatsapp. Pilih tombol menu lalu Hapus Akun. Jalankan aplikasi WA, pilih Kontak lalu klik tombol Menu dan terakhir pilih Perbaharui.

2. Menggunakan Akun Google

Cara mengembalikan konta wa yang sudah terhapus selanjutnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja bisa dengan memanfaatkan akun google. Seperti yang kita ketahui bahwa kontak pada WA bisa dihubungkan dengan akun Google secarra otomatis. Meskipun begitu jika kontak melebihi batas maka beberapa kontak akan tidak muncul kembali pada contact ponsel anda.


Cara memperbaikinya bisa mulai dengan masuk ke Settings di kontak android anda, kemudian pilih opsi Contact to Display dan lakukan pengecekan pada beberapa akun yang terdapat kontak anda yang disimpan. Selanjutnya silahkan muat ulang pada kontak WA, dengan begitu kontak yang sebelumnya tidak terdeteksi akan muncul kembali.

3. Mengganti Smartphone

Tidak sedikit pengguna Whatsapp yang mengganti ponselnya dengan alasan tersebut banyak orang yang ingin backup semua data kontak pada WA lamanya. Cara mengatasi kontak WA yang terhapus ternyata tidaklah sulit karena memang Whatsapp dirancang untuk memudahkan pengguna untuk mencadangkan semua kontak dengan mudah dan cepat meskipun anda mengganti smartphone android. Caranya sangat mudah, cukup login dan pastikan verifikasi nomor WA yang dulu dan nantinya secara otomatis semua kontak, grup akan pindah ke ponsel baru anda.

4. Hapus Cache

Cara terakhir bisa dengan membersihkan file cache pada aplikasi whatsapp anda. Hal ini dapat dicoba ketika anda mengalami masalah kehilangan kontak whatsapp secara tiba-tiba mungkin penyebabnya karena cache terlalu menumpuk sehingga terjadi error pada whatsapp. Pertama silahkan masuk ke pengaturan android lalu pilih menu Apps dan pilih Whatsapp. Selanjutnya klik tombol Clear Cache dan Force Close. Jika sudah selesai lakukan restart pada handphone anda, kemudian baru periksa apakah kontak sudah kembali muncul atau tidak.

Sekarang anda sudah tidak perlu khawatir kembali mengenai masalah kontak Wa yang tidak sengaja terhapus, karena mesikpun anda mengganti dengan smartphone lain anda bisa melakukan cara mengembalikan kontak whatsapp yang hilang secara mudah asalkan nomor anda masih aktif untuk melakukan verifikasi nomor.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url