Ingin Menggunakan Sidik Jari? Inilah Cara Mengaktifkan Fingerprint di Whatsapp

Apa anda sudah tahu belum, sekarang anda sudah bisa melakukan cara mengaktifkan fingerprint di Whatsapp di Android? Yap, bukan hanya IOS saja yang bisa menggunakan FaceID atau TouchID pada Whatsapp, namun pada smartphone androidpun kini sudah mendapatkan lapisan ekstra untuk keamanan walaupun hanya dalam bentuk sidik jari saja.

Update terbaru dari aplikasi chatting WA sekarang ini memang menambah ftur fingerprint lock, namun tentunya untuk menggunakan anda harus memperbaharui aplikasinya di Google Play Store dan memiliki ponsel yang mendukung pemindai sidik jari.

Whatsapp sendiri memang sudah memberikan keamanan yang tinggi untuk penggunanya, seperti sebelumnya yang kita ketahui yaitu fitur verifikasi dua langkah dan juga end-to-end. Dengan fitur terbarunya hingga sekarang aplikasi WA sudah memiliki 3 tingkat keamanan yang membuat anda lebih nyaman untuk menggunakannnya tanpa takut disadap.

Fungsi Fitur Fingerprint Whatsapp

Dengan cara menggunakan fingerprint di Whatsapp, tidak akan ada orang yang sembarangan akan membuka aplikasi chatting dan membuka privasi anda. Karena hal itu tidak memungkinkan, untuk membuka WA hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja dengan cara menempelkan sidik jari.

Aplikasi social chatting seperti Whatsapp ini memang seharusnya memberikan keamanan yang sangat tinggi untuk para penggunanya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tidak heran Whatsapp menjadi aplikasi chatting nomor 1 yang paling banyak digunakan.

Fitur keamanan tersebut dihadirkan tentunya bukan tanpa alasan karena dapat melindungi data-data pengguna ataupun yang dikirimkan dari pengguna lain seperti pesan teks, audio, gambar, dokumen, video dan sebagainya. Dengan tingkat fungsionalitas yang tinggi, sehingga aplikasi ini sudah dipercaya dan telah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna Play Store.

Cara Mengaktifkan Fingerprint di Whatsapp Android

Pengaman menggunakan fingerprint lock sekarang menjadi salah satu trend kemajuan teknologi yang sudah banyak ditemukan di smartphone android keluaran terbaru bahkan dengan android seharga 2jutaan pun anda sudah dapat memiliki fitur fingerprint dengan begitu otomatis anda bisa aktifkan fingerprint di Whatsapp.

Baca Juga:
Cara Logout dari Whatsapp Web
Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang
Solusi Story Whatsapp Error

Sekarang di aplikasi Whatsapp dapat menambahkan sidik jari sebagai alat otentikasi dalam mengakses aplikasi obrolan ini. Dengan tambahan lapisan keamanan terbaru ini, tidak semua orang bisa mengakses aplikasi WA anda. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur fingerprint di whatsapp?

Bagi anda yang tidak mengetahi cara mengunci whatsapp dengan fingerptint lock, berikut ini saya beritahu langkah demi langkanya sebagai berikut.

1. Pertama, pastikan anda sudah memperbaharui aplikasi Whatsapp ke versi yang paling baru. Bagi yang belum update, silahkan unduh aplikasinya di Google Play Store.
2. Jika Whatsapp sudah selesai diperbaharui, selanjutnya jalankan aplikasinya dan tap ikon titik tiga dipojok kanan atas dan pilih menu Settings.

cara mengaktifkan fingerprint di whatsapp

3. Pilih menu Account => Privacy.

cara mengaktifkan fingerprint di whatsapp

4. Pada menu Privacy, scroll paling bawah dan akan menemukan Fingerprint Lock. Pilih menu tersebut, pada tulisan Buka Kunci dengan Sidik Jari, geser ke kanan dan anda akan diminta untuk konfirmasi sidik jari yang akan digunakan untuk mengunci Whatsapp. Tempelkan saja jari anda yang digunakan untuk sensor.

cara mengaktifkan fingerprint di whatsapp

5. Jika sudah berhasil dikonfirmasi, maka akan ada menu tambahan seperti pilihan tampilkan konten pemberitahuan maupun mengunci secara otomatis. Jika anda memilih opsi Immediately, maka secara otomatis Whatsapp anda akan terkunci setelah anda menutup aplikasinya.

cara mengaktifkan fingerprint di whatsapp

6. Sekarang anda sudah berhasil mengunci WA menggunakan fingerprint sensor. Keluar dari aplikasi Whatsapp dan coba buka kembali untuk memastikan sidik jarinya bekerja atau tidak.

Fitur ini pada bulan Agustus sudah rilis dalam versi beta dan tepat 2 bulan selanjutnya Whatsapp memutuskan untuk meluncurkan fiturnya ke semua pengguna android dengan versi stabil.

Demikian yang bisa saya informasikan pada postingan kali ini tentang cara mengaktifkan fingerprint di Whatsapp dengan mudah, Sekian dan terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url