Cara Sukses Bisnis Telur Ayam Untuk Pemula

Cara bisnis telur ayam tidaklah sesulit yang kita bayangkan, Telur memang bahan sembako yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu, sangat dianjurkan memakan telur ayam karena memiliki banyak nutrisi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, asam folat, kolin, fosfor dan sebagainya.


cara bisnis telur ayam

Dari harganya pun tergolong lebih murah jika kita bandingkan dengan daging, harga daging memang cukup mahal apalagi telur dapat disimpan dengan waktu yang cukup lama. Tidak dapat dipungkiri permintaan telur ayam sangatlah tinggi karena kita tahu bahwa makanan ini merupakan kebutuhan pokok untuk sehari-hari.

Baca Juga: Manfaat Bisnis Model Kanvas

Ada banyak jenis telur ayam dan yang paling banyak diminati yaitu telur ayam negeri, pasti anda sudah tahu dan pernah memakan telur ayam ras/negeri ini. Jenis telur ini memang banyak diminati oleh kalangan masyaraktt karena memiliki harga yang relatif terjangkau tetapi kandungan didalamnya tidak kalah dengan jenis lain seperti telur ayam kampung.

Dari sini kita dapat menyimpulkan peluang keuntungan bisnis telur ayam sangatlah besar, terlebih lagi jika anda memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding toko lain maka pelanggan akan tertarik membeli ke toko anda. Selain itu untuk menambah variasi anda bsia menjual terlu jenis lain seperti telur puyuh, telur ayam kampung dan sebagainya.

Namun untuk mendapatkan harga telur ayam yang paling murah, tentu anda harus mengunjungi langsung ke pelaku peternak. Inilah cara sukses berdagang telur karena harga yang ditawarkan lebih murah dibanding saat membeli dari grosir. Dengan harga termurah anda bisa mendapatkan keuntungan banyak dan mengurangi nilai harga telur ayam dari toko lain untuk menarik calon pelanggan kepada anda.

Baca Juga: Manfaat Bergabung dengan Google Local Guides

Tetapi jika anda pemula lebih disarankan membeli pada grosiran karena pemilik peternak hanya menjual dengan jumlah yang sangat banyak, tidak dapat eceran. Selain itu, anda belum memiliki pelanggan tetap jadi resikonya terlalu besar. Jika anda sudah mendapatkan pelanggan yang cukup banyak, tahap selanjutnya anda bisa bekerjama dengan para peternak untuk permintaan telur ayam dengan jumlah yang sangat banyak.

Sebelum anda menjalankan usaha telur ayam ras, perlu diketahui harga dipasar bisa saja berubah-ubah sesuai dengan kondisi karena terdapat beberapa penyebab, salah satunya jumlah ketersediaan telur ayam yang sedang tidak stabil. ketika stok produk menipis di pasar, maka harga yang dijual akan meningkat dan sebaliknya jika stok bertambah banyak, harga telur ayam akan turun.

Maka dari itu, ketika anda memulai usaha bisnis telur ayam harus siap berhati-hati dengan kondisi seperti ini dalam membeli stok barang. Anda harus memperkirakan harga yang akan terjadi kedepannya serta ketika menjelang puasa dan lebaran.

Cara Bisnis Telur Ayam Untuk Pemula

Usaha berdagang telur ayam memang keuntungannya sangat menjanjikan, alhasil membuat banyak orang yang tertarik berkecimpung didalamnya. Namun yang perlu diingatkan, cara sukses berdagang telur membutuhkan kerja keras dan pengalaman kegagalan agar bisa mencapai hal itu karena semuanya membutuhkan proses. Maka dari saya akan pandu anda tentang tips menjalankan bisnis telur ayam, untuk informasinya sebagai berikut.

1. Perhatikan Kualitas Telur Ayam


kualitas telur ayam

Untuk mendapatkan langganan tetap dan respon yang baik, anda harus memperhatikan kualitas telur yang akan dijual. Meskipun hanya cacat sedikit bisa saja konsumen akan kecewa kepada layanan anda dan tidak ingin membelinnya kembali.

Lalu bagaimana cara mengetahui kualitas telur ayam yang baik? Pertama bisa dengan memperhatikan cangkang telur, jika kulitnya kasar berarti pori - pori cangkang masih sempurna menutup dan pastikan tidak ada kotaran dari telur.

2. Simpan Telur Pada Wadah Yang Aman


simpan pada wadah telur ayam

Saat bejualan telur ayam, ada permasalahan yang serius yaitu tentang pengemasang telur karena memang kulitnya rentan rusak atau pecah. Ketika anda membawa telur menggunakan kendaraan, pastikan tempatkan pada wadah khusus telur agar tidak rentan pecah atau retak. Jika terlanjur, retak segera pisahkan agar tidak menimbulkan bau busuk.

3. Pilih Lokasi Yang Strategis


Pilih Lokasi Strategis

Ketika anda baru menjalankan bisnis, harus memperhatikan lokasi yang tepat untuk berjualan telur ayam hal ini supaya usaha anda cepat berkembang. Lokasi yang strategis untuk telur ayam bisa menyewa kios yang dekat dengan komplek, perumahan, pasar dan sebagainya. Agar lebih berkembang anda bisa padukan dengan kebutuhan pokok sehari-harinya lainnya.

4. Tentukan Cara Menawarkan Dagangan Telur

Cara menawarkan dagangan telur ayam, harus anda pikirkan secara matang sesuai kondisi lingkungan anda sekitar, selain itu hitung pengeluaran untuk bahan bakar dengan penjualan agar tidak terjadi kerugian. Banyak sekali cara berjualan telur ayam, salah satunya dengan menyewa tempat yang strategis ataupun dapat menawarkan dengan berjualan keliling.

Cara bisnis telur ayam bagi pemula ternyata cukup mudah diaplikasikan yang terpenting anda harus berusaha keras, berdoa kepada Tuhan dan tidak boleh menyerah ketika mengalami suatu permasalahan pada usaha anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url