5 Manfaat Bisnis Model Kanvas Dalam Usaha

Bisnis Model Kanvas memang terbilang metode terbaru dalam merumuskan suatu konsep bisnis yang lebih sederhana daripada rencana biasa. Metode bisnis model canvas atau yang disingkat BMC ini diperkenalkan pertama kali oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Model bisnis ini terdapat 9 area blok yang bertujuan untuk menggambarkan strategi bisnis yang sangat kuat sehingga bisa memenangkan persaingan serta sukses dalam jangka waktu panjang.

5 keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengugnakan metode bisnis model canvas dalam bisnis

Bisnis model kanvas memiliki ciri khas yaitu dengan 9 blok model yang sangat diperlukan ketika menjalankan bisnis, diantaranya;

  1. Customers Segment
  2. Value Proposition
  3. Customer Relationship
  4. Channel
  5. Revenue Stream
  6. Key Resource
  7. Key Activities
  8. Key Partnership
  9. Cost Structure

5 Manfaat Bisnis Model Kanvas

Beberapa keuntungan ketik anda menggunakan metode bisnis model canvas, simak informasinya sebagai berikut.

1. Diskusi Bisnis Menjadi Tepat

Dengan memanfaatkan business model canvas, anda tidak perlu membuat strategi bisnis yang panjang dan membuang waktu saja. Karena BMC bisa dijadikan curah pendapat dari bisnis secara menyeluruh. Dengan 9 blok yang terdapat dalam BMC menjadikan proses diskusi lebih cepat dan membantu ketika proses meeting supaya tidak melenceng pada topik lainnya.

2. Sangat Cocok Untuk Pemula

Ternyata BMC sangat disarankan untuk yang sedang menjalankan bisnin start-up, meskipun usaha yang dijalankan dengan skala besar. Pemilik akan lebih mudah untuk mengidentifikasi perbedaan dari tiap konsumen. Karena terdapat 9 komponen pada bisnis model kanvas yang mendukung ke usaha terkait.

3. Kebutuhan Konsumen Dengan Tepat

Selain itu, ada manfaat bisnis model kanvas ini yaitu konsumen mendapatkan perlakuan maksimal dan mendapatkan produk yang dia inginkan. Selama ini mungkin anda sudah berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun sayangnya konsumen merasa kurang puas dengan produk yang dijual. Dengan mempelajari metode business model canvas, anda akan mempelajari apa yang diinginkan konsumen.

4. Menyusun Strategi Masa Depan

Metode bisnis model canvas tidak hanya menyusun strategi marketing untuk saat ini, namun akan memperhatikan seluruh elemen yang ada dalam bisnis. Pemilik usaha akan mudah menentukan strategi bisnis untuk masa depan nantinya.

5. Membawa Perubahan

metode bisnis kanvas ini bisa membawa perubahan pada sektor bisnis yang telah ada, setelah diperkenalkan beberapa pemilik usaha setuju dengan kesederhanaan metode kanvas ini. Keberadaan BMC merupakan satu inovasi baru dalam dunia bisnis yang bisa membawa perubahan lebih baik.

Dengan manfaat bisnis model canvas ini bisa membantu anda yang mencoba menjalankan usaha baru, jika anda tertarik dan mencoba metode ini bisa dicoba pada bisnis yang anda jalankan tetapi tetap perlu pengajian secara terus menerus agar mengetahui seperti apa yang dibutuhkan konsumen.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url